Selasa, 20 April 2010

Selamat atas 5 tahun bertahtanya Bapa Suci... Viva il Papa!

Bapa Suci Benediktus XVI hari ini (19 April) merayakan lima tahun jabatannya sebagai Paus.

Pada tanggal 19 April 2005 Joseph Kardinal Ratzinger, menggantikan Paus Yohanes Paulus II, menjadi Paus ke-264 menjadi penerus Santo Petrus.

Konklaf untuk pemilihan Benediktus XVI dimulai pada hari Senin 18 April 2005 pada Kapel Sistina di Istana Apostolik Vatikan, dan  "extra omnes" diumumnkan pada pukul 17:25 oleh Uskup Agung Piero Marini, MC Perayaan Liturgi Uskup Agung , yang lalu dilanjutkan dengan pengambilan sumpah oleh 115 kardinal yang berhak memilih.

Asap hitam pertama kali muncul di pukul 20:04 pada hari yang sama. 

Asap hitam lagi muncul pada pukul 11:52 pada hari Selasa 19 April, sedangkan asap putih muncul pada Selasa 19 April di 17:50

Pada (selasa) pukul 18:48, Bapa Suci Benediktus XVI, didahului oleh Salib, muncul di loggia eksternal untuk menyapa dunia dan untuk menyampaikan Berkat Apostolik "Urbi et Orbi" (untuk kota dan untuk dunia).

Sebelum berkat, Paus baru menyapa umat beriman dengan kata-kata berikut:
"Saudara dan saudari terkasih, setelah Paus Yohanes Paulus II yang agung, para Kardinal telah memilih saya, seorang pekerja sederhana dan rendah di kebun anggur Tuhan. Saya terhibur oleh fakta bahwa Tuhan tahu bagaimana harus bertindak, bahkan dengan instrumen yang tidak memadai dan di atas itu semua aku mempercayakan diriku pada doa-doa Anda.

Dalam sukacita Tuhan kita yang telah bangkit, percaya pada bantuan permanen-Nya, Tuhan akan membantu kita, dan Ibu-Nya, Maria Paling Kudus, berada di pihak kita Terima kasih. "
....

Dalam kesempatan ini (perayaan 5 tahun), para Kardinal mengadakan ramah tamah (makan siang) untuk menghormati Bapa Suci di Sala Ducale, pada Vatican Apostolic Palace.



--------------------------------------------------------------------
 

In this photo released by the Vatican newspaper L'Osservatore Romano, Pope Benedict XVI, center, acknowledges applause during a luncheon with Cardinals, including Secretary of State Tarcisio Bertone, second from right, Giovanni Re, right, and Angelo Sodano, third from left, to mark the fifth anniversary of his election, in the Ducale Hall, at the Vatican, Monday, April 19, 2010. 
Monday's anniversary is clouded by a clerical sex abuse scandal that has been rocking the Catholic Church for months, causing it its gravest crisis of recent times.


In this photo released by the Vatican newspaper L'Osservatore Romano, Pope Benedict XVI, center, wearing white with back to camera, delivers a blessing prior to a luncheon with Cardinals to mark the fifth anniversary of his election, in the Ducale Hall, at the Vatican, Monday, April 19, 2010. Monday's anniversary is clouded by a clerical sex abuse scandal that has been rocking the Catholic Church for months, causing it its gravest crisis of recent times.


Pope Benedict XVI shakes hand with French Cardinal Roger Etchegaray during a lunch offered to the cardinals to mark his fifth anniversary of pontificate at the Vatican April 19, 2010.

0 komentar:

Posting Komentar

Selamat datang, silahkan post komentar atau saran Anda.
Komentar anti Katolik akan saya delete. Trims.
PS: gunakan pilihan Name/Url bila kesulitan menggunakan account.